28.11.12

INDAHNYA BERTEMAN

Haaaaiii selamat subuh! 

Kali ini saya mau sedikit bercerita mengenai teman-teman saya di kampus yang sesama Kristen.  Nama perkumpulan kami adalah PMK FMIPA, yaitu Persekutuan Mahasiswa Kristen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (duile panjang bener...) 

Jadi sebenarnya di kampus FMIPA ga ada yang namanya mata kuliah Agama secara khusus, adanya secara umum yang berarti bahwa saya harus belajar agama Hindu. Ga masalah buat saya karena saya jadi bisa mempelajari agama lain dan coba dicocok-cocokin sama agama saya sendiri, kan. Tapi yang namanya berkumpul dengan saudara seiman memang lebih nikmat, dong :D 

Nah kebetulan teman perempuan saya yang pertama di Bali ini adalah Juli, mahasiswi fakultas Kedokteran Hewan. Untuk teman laki-laki yang pertama adalah Timmy, mahasiswa fakultas Ekonomi jurusan Ekonomi Pembangunan. Yah sodara saya juga sih jadi ga terhitung baru-baru amat :p 

Nah berhubung kami bertiga adalah masyarakat Batak tulen, kami tergabung pula di organisasi IMSU alias Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara. Wadahnya ini terbuka  untuk semua mahasiswa/i Batak yang merantau ke seluruh Indonesia, untuk domosili Bali namanya jadi IMSU Bali. Waktu itu sempat juga IMSU Jogja melakukan kunjungan ke Bali. Nah di IMSU Bali ini lah saya jadi kenal teman-teman baru lainnya, kebanyakan dari Fakultas Kedokteran Hewan, ada juga yang dari FISIP, Ekonomi, kalo yang dari FMIPA untuk angkatan saya agak jarang, sih. Nah untuk salah satu teman baru ini (yang akhirnya jadi sahabat) adalah Ribka

Beruntungnya FKH ini ada mata kuliah agama khusus alias mata kuliah agama Kristen, ya. Lalu bulan Oktober 2009 lalu pengurus Keluarga Besar Mahasiswa Kristen (KBMK) mengumumkan kalau bakal ada kemah keakraban di daerah Kintamani, biasa disebut Camp Fresh Generation Weekend. Selalu ada setiap tahun. KBMK ini bernaung langsung di bawah universitas (dikenalin pas ospek universitas). Saya yang denger kabar ini dari Ribka langsung senang riang gembira dong (maklum sanguine, hobinya jalan-jalan mulu -- party/funny popper :p) Ga pake pikir panjang, awal bulan itu langsung bayar Rp100.000,- (harga saat itu) untuk acara 3 hari 2 malam! 

Ga seperti kemah-kemah biasanya yang full of fun, disini saya juga bisa menambah beberapa pengetahuan baru, salah satunya kerohanian saya. Kalo FUN mah udah pasti banget, ya. Sedikit penjelasan, saya ini adalah anggota denominasi Gereja Advent, dari kecil ga pernah diajak jalan-jalan untuk ke gereja Protestan macam HKBP, GBKP, GKPB dll jadinya di sini sedikit-banyak mulai tau cara perbaktian mereka seperti apa :D Pertamanya agak ga nyaman karena ada sedikit ajaran yang 'berbeda' contohnya dari segi makanan dan penyembahan, namun untungnya saya bisa cepat beradaptasi dan memilah mana yang memang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh doktrin ajaran agama Kristen Advent. 

Nah kalau KBMK setara dengan tingkat universitas, di fakultas ada yang namanya PMKF (seperti yang udah saya bilang di atas). Cabang-cabangnya KBMK gitu karena KBMK adalah induknya. Beruntung banget saya bisa ikut camp FGW ini karena saya bisa kenal teman-teman PMKF yang masih bertahan samapi sekarang (yeay! :D) dan teman-teman dari fakultas lain, yang kalo ketemuan, udah pasti tegur-sapa dong ya :D 

*ubek-ubek cari fotonya*  

Hadoh foto zaman baheula susah bener nyarinya, yah! Maklum waktu itu dokumentasi ga terlalu banyak huhuhu ntar dicari lagi deh. 

Update: Dapet fotonya setelah mencari dengan susah payah.. Dulu saya di-tag sih, jadi gada dokumen pribadi. Silahkan lihat siapa yang di-highlight :P 

October, 2009


Anyway, gegara Camp FGW 2009 lalu saya jadi ketemu teman-teman saya yang pertama di PMK FMIPA sekaligus menjadi pioneer didirikannya PMK FMIPA, yaitu Charlie jurusan Farmasi 2009 (percaya-ga-percaya, saya kenal dia dari facebook duluan! Habis itu kopi daratnya di Camp FGW ini LOL :p), kak Mania, kak Markus, kak Nelis (ketiganya jurusan Matematika 2008) Timothy Laning dan Victor Poli dari jurusan Biologi 2009, serta Tika dan Agathis jurusan Kimia 2009 (sekarang udah di Bogor). Kenapa dari jurusan lain seperti fisika dan computer science ga ada (saya aja)? Well, waktu itu dari jurusan fisika emang belum ada mahasiswa/i Kristen, adanya junior ke bawah. Kalo dari jurusan computer science, lebih karena kurang info. Padahal mahasiswa/i Kristen-nya lumayan banyak, lho! Contohnya Rae, Kris, Sahman, Sukma, Febrian, Deviara Putra, dll.. Untuk seniornya ada kak Evans. Oia ada bang VJ juga tapi waktu itu dia ga ikut (kalo ga salah ingat). Jadi agak nyesel juga kenapa dulu ga kabarin mereka hmm. 

Sekarang PMK FMIPA tiap tahun mengalami pembaharuan alias selalu ada generasi baru. Adik-adik 2010, 2011, 2012, walaupun ga semuanya aktif tapi kami saling menguatkan satu sama lain. Beberapa kegiatan juga kami pernah kami lakukan bersama, entah untuk pelayanan atau sekedar jalan-jalan :p Dan juga setiap ada acara kerohanian, pasti kami nimbrung dong ya, contohnya Christmas Eve dan Easter Day

Dan saya merasa bersyukur karenaya. Merasa terberkati.  

No comments:

Post a Comment